Ada yang tau Setu Babakan?

Itu kampung ane gan,disana terletak sebuah perkampungan budaya Betawi dimana seluruh bangunan dan jajanannya bergaya Betawi. Perkampungan ini terletak di samping sebuah danau yang cukup besar di daerah Srengseng Sawah Lenteng Agung Jakarta Selatan gan.

Selain sebagai sarana rekreasi tempat ini juga menampilkan arsitektur betawi. Ruma-rumah yang dibangun di daerah ini menggunakan konsep ala betawi tempo dulu namun menggunakan bahan modern. Meskipun begitu tempat ini bisa dijadikan sarana belajar bagi mereka yang ingin mengetahui budaya betawi lebih lanjut karena ditempat ini juga dilaksanakan pementasan budaya betawi setiap Sabtu atau Minggu.

Ada tiga jenis wisata yang ditawarkan oleh Setu Babakan, yakni:

1. Wisata Budaya
Setelah memasuki gerbang masuk Bang Pitung, kita akan melewati beberapa rumah khas Betawi di kiri-kanan jalan. Ciri khas yang menonjol dari rumah Betawi adalah adanye hiasan yang mengelilingi langit-langit rumah dan adanye teras untuk ruang keluarga di bagian depan.
Untuk menuju danau, kita akan melewati panggung pertunjukan yang menampilkan lenong, ondel-ondel, musik tanjidor, dan sebagainye.

2. Wisata Alam
Tidak jauh dari panggung pertunjukan, terdapat tangga turun menuju danau. Di sekeliling danau ditanami berbagai pohon yang meneduhkan, sehingga kita bisa duduk atau berpiknik sambil menikmati pemandangan danau.
Disana juga terdapat sarana rekreasi air berupa perahu bebek yang dikayuh. Harga tiketnye Rp5000/orang. Murah dan menggembirakan.

3. Wisata Kuliner
Jika haus, disepanjang pinggiran danau terdapat aneka jajanan murah meriah, seperti es lilin, es dawet, es duren. Kalau lapar, bisa mampir ke semacam foodcourt yang menyajikan berbagai makanan tradisional Betawi seperti kerak telor, laksa, toge goreng, bir pletok. Untuk oleh-oleh, kita juga bisa membeli dodol Betawi. Harganye pun relatif terjangkau.

Untuk mencapai Setu Babakan, kita dapat menggunakan kendaraan umum Kopaja 616 dengan rute Terminal Pasar Minggu – Cimpedak – Blok M dan turun di gerbang Bang Pitung.
Jika dari Terminal Depok, ada Mikrolet 128 dan turun di gerbang yang sama.
Kalau memiliki mobil pribadi, ikuti saja arah angkot tersebut.
Terdapat tempat parkir yang luas dengan biaya Rp 5000. Kawasan Setu Babakan dibuka dari pk 06.00 hingga pk 18.00.
Kaga ada salahnye gan dicoba…

Jadi, sebagai warga betawi, nyo kite kenali dan kita lestarikan budaya kite.

Iklan